Asal Sebut, Antek Kudeta Sisi Sebut Al Azhar Dan Lembaga Wakaf Mesir Pelihara Ide Radikal dan Ekstrimis

Masjid Al Azhar 1Eramuslim – Anggota Parlemen pendukung pemerintah kudeta Sisi, Sami al-Mashad, menuding ada sejumlah lembaga agama di negaranya telah memelihara ide-ide dan pemikiran radikal dan ekstrimis, termasuk di dalamnya Al Azhar dan Lembaga Wakaf.

“Ada sejumlah lembaga keagamaan di Mesir, termasuk Al-Azhar dan Kementerian Wakaf Agama, telah di susupi oleh mereka yang berpikira radikal dan ekstrimis,” ujar Sami al-Mashad dalam wawancaranya dengan kantor berita Sputnik pada hari Senin (29/08) kemarin.

Sami al-Mashad melanjutkan, “Pembersihan lembaga-lembaga ini dari mereka akan mencegah penyebaran militansi dan ekstremisme di kalangan banyak ide pemuda Mesir, serta memberikan kami model masyarakat moderat.”

Menurutnya, sudah saatnya masyarakat Mesir tidak memakai lagi hukum yang berkaitan dengan agama karena Mesir sudah memiliki hukum dan konsitusi tersendiri.

Sementara itu sejumlah pengamat menyebut pernyataan Sami al-Mashad sebagai pernyataan rasis yang mencoba memisahkan Islam dan negara yang telah melekat dari identitas rakyat Mesir sejak ratusan tahun. (Sputnikarabic/Ram)