17 Ramadhan in History

denah badrEramuslim –Selain dikenal sebagai malam nuzulul Al Qur’an, tanggal 17 Ramadhan juga menjadi saksi sejarah penting Islam dalam peradaban dunia yang menyebar hingga pelosok-pelosok daerah terpencil di muka bumi.

Apa saja peristiwa yang dimaksud? Berikut tanggal 17 Ramadhan dalam lintasan sejarah.

Perang Badar

Tepat ditanggal 17 Ramadhan tahun 2 Hijriyah atau bertepatan dengan 17 Maret 624 Masehi, sebanyak 313 pasukan Muslim dipimpin langsung oleh Nabi Muhammad berhasil mengalahkan 1000 orang kafir Quraisy di lembah Badr berkat pertolongan Allah Subhanahu Wata’ala.

Imam Bukhari meriwayatkan bahwa jumlah syuhada dari kalangan umat Muslim sebanyak 14 orang, sedangkan sebanyak 70 orang pasukan kafir Quraisy tewas dan 70 lainnya ditawan pasukan Muslimin.

Wafatnya puteri Nabi Muhammad, Sayyidah Ruqayyah binti Muhammad

Selain kemenangan besar yang diraih umat Muslim berkat pertolongan Allah Subhanahu Wata’ala di perang Badr, tanggal 17 Ramadhan juga menjadi saksi wafatnya anak kesayangan Nabi Muhammad Sayyidah Ruqayyah binti Muhammad akibat penyakit campak pada tahun 2 Hijriyah.

Lahir dikota Mekkah 20 tahun sebelum Hijrah ke kota Madinah, Sayyidah Ruqayyah dinikahkan Nabi Muhammad dengan Utsman bin Affan, dan tercatat 2 kali ikut dengan suaminya untuk hijrah ke negeri Habasyah di Eithiopia. (Almasryalyoum/Ram)