4 Cara Yang Telah Ditempuh Arab Saudi Obati Virus Mers Corona

Mers Corona 1Eramuslim – Memasuki tahun ke 4 pemerintah Arab Saudi hingga kini belum dapat memahami bagaimana menyembuhkan virus Mers Corona dan memahami pola virus tersebut yang terkadang muncul dan menghilang pada periode yang lain.

Terkadang sejak pertama kali muncul pada akhir tahun 2012 lalu, virus Mers Corona kerap muncul dengan rekor penularan yang tinggi di beberapa kota Saudi dan tidak muncul di kota lainnya.

Sejak saat itu para pejabat di Departemen Kesehatan serta aktivis di bidang kesehatan dan lingkungan mencari solusi definitif dan radikal untuk menghentikan ancaman virus tersebut. Berikut empat usulan yang telah diajukan untuk mencegahnya Mers Corona sejak tahun 2012 lalu :

  1. Menyembelih semua unta di Arab Saudi

Proposal ini muncul pertama kalinya pada tahun 2014 lalu ketika dokter muda Saudi beranama Nora Amro mengatakan, “Kita harus meniru pengalaman Cina untuk mencegah penyebaran virus SARS.

Nora Amro mengatakan bahwa solusi ini dapat dikatakan tepat setelah belum ditemukannya oban dan vaksi khusus untuk mengobati dan mencegah penyakit ini.

  1. Menyediakan vaksin Khusus bagi unta terinfeksi

Pada awalnya tidak ada berita yang valid mengenai relevansi antara Mers Corona dengan unta, sampai pada bulan Mei tahun 2014 lalu Kementerian Pertanian dan Kementerian Kesehatan mengeluarkan pernyataan pers yang menyatakan bahwa penularan penyakit ini melalui unta yang telah teribfeksi virus.

Kementerian Pertanian dan Kementerian Kesehatan kemudian mengeluarkan vaksin untuk mencegah infeksi penyakit tersebut kepada unta-unta di Saudi.

  1. Memberikan vaksin dan obat-obatan bagi manusia yang menderita penyakit ini

Pada bulan April tahun 2014 lalu, para pejabat dari Departemen Kesehatan bertemu dengan perwakilan dari perusahaan asing untuk memproduksi obat-obatan dan vaksin yang memproduksi vaksin khusus untuk mencegah atau mengobati langsung penyakit ini.

Namun hingga saat ini belum ada mengumumkan mengenai keberhasilan program vaksin dan obat tersebut.

  1. Meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan

Sejak tahun 2014 lalu, Departemen Kesehatan Arab Saudi telah mengkampanyekan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan dan kebersihan lingkungan guna mencegah mewabahnya penyakit menular ini. (Alarabiya/Ram)