Ada 30 Juta Ranjau Darat Yang Kini Masih Tersebar Di Irak

ranjau daratEramuslim – Anggota Komite Kesehatan dan Lingkungan Parlemen Irak, Qutaiba al-Jubouri, menyatakan bahwa ranjau darat yang kini tersebar akan menjadi pembunuh baru di Irak setelah nantinya perang bersaudara di negara ini telah selesai.

Pernyataan ini dilontarkan Qutaiba al-Jubouri pada hari Jum’at (02/10) kemarin di ibukota Baghdad, menanggapi laporan adanya 30 juta lebih ranjau darat yang kini tersebar di 55 lokasi terutama wilayah selatan Irak.

“Ini berarti satu ranjau darat akan menjadi ancaman bagi satu orang warga Irak, terlebih mereka yang tinggal di provinsi Basra, Nasiriyah, Kut dan Samawa,” ujar Qutaiba al-Jubouri dihadapan wartawan.

Al Jubouri melanjutkan, “Kami berencana menargetkan Irak bebas dari ranjau pada Februari tahun 2018 mendatang. Akan tetapi nampaknya rencana ini akan mundur seiring masih tersebarnya 30 juta ranjau sisa peninggalan PerangTeluk I dan II.”

Menurutnya jumlah diatas belum termasuk ranjau yang disebarkan pejuang Negara Islam dalam 2 tahun perang di Irak berjalan. (Rassd/Ram)