Akhirnya Secara Resmi Marshal Abdel Fattah al Sisi Menyatakan Pencalonan Dirinya Sebagai Capres Mesir

sisiMenteri Pertahanan Mesir Marshal Abdel Fattah al Sisi menyatakan pengunduran dirinya sebagai Menhan Mesir pada Rabu (26/03) malam.

Selain  menyatakan pengunduran diri, mantan Menhan Mesir juga mengumumkan pencalonan dirinya sebagai capres dalam pemilu presiden mendatang.

Pernyataan ini di umumkan Sisi setelah mengadakan pertemuan dengan Dewan Tertinggi Angkatan Bersenjata dan turut dihadiri Presiden interim Mesir, Adli Mansour.

Dalam pernyataannya di stasiun televisi, Sisi mengatakan “Saya telah menghabiskan 45 tahun dalam pelayanan negara dan sekarang saatnya saya meninggalkan tugas tersbeut untuk membela bangsa ini. “

“Dengan rendah hati saya mengumumkan niat saya untuk mencalonkan diri sebagai presiden Mesir, dukungan Anda akan memberikan saya kekuatan untuk menjalankan tugas besar ini,” tambah Sisi.

Sisi juga menjelaskan bahwa Mesir kini sedang menghadapi tantangan besar dan tugas-tugas sulit, terutama pembangunan kembali aparatur negara yang lemah pasca penggulinagn Presiden Muhammad Mursi.

Sisi mengklaim bahwa dirinya memiliki platform dan visi yang jelas bagi pembangunan negara dan demokrasi modern di Mesir.

Dalam penutupan pidatonya Sisi berjanji bahwa dirinya akan memprioritskan keamanan dan stabilitas Mesir, serta menjalankan pemerintahan yang bebas dari rasa takut dan teror.

Posisi Menhan kini digantikan oleh Jenderal Sidqi Subhi sekaligus menjabat Kepala Staf Angkatan Bersenjata Mesir. Subhi sendiri dijadwalkan akan dilantik Presiden interim Mesir pada hari Kamis (27/03) ini. (Aljazeera/Ram)