Akibat Penembakan Charlie Hebdo, Umat Islam Skandinavia Kini Jadi Sasaran Tuding Aksi Teror

charlie hebdo 2Eramuslim – Direktur ekskutif Al-Risalah Skandinaviska Stiftelse, Hosein Daudi, menyatakan bahwa kondisi umat Islam di negara-negara Skandinavia dalam keadaan sangat mengkhawatirkan paska insiden penembakan di kantor majalah satir Charlie Hebdi pada 7 Januari lalu.

Dalam pernyataannya pada hari Senin kemarin, Hosein Daudi mengatakan, “Umat Islam di Skandinavia kini menjadi sasaran tuding suatu perbuatan teror meskipun mereka bukan pelaku aksi tersebut.”

Hosein Daudi menjelaskan bahwa ada dua reaksi atas penyebaran gambar karikatur Nabi Muhammad oleh majalah satir cahrlie Hebdo. Yang pertama adalah boikot ekonomi terhadap surat kabar yang ikut menerbitkan majalah, dan yang kedua adalah melakukan aksi kekerasan terhadap surat kabar tersebut.

Akan tetapi menurutnya yang paling berbahaya adalah tindakan sekelompok warga non-muslim yang melakukan tindakan penyerangan tersebut, tetapi tuduhan tersebut di alamatkan kepada umat Muslim Skandinavia.

Al-Risalah Skandinaviska Stiftelse adalah sebuah yayasan Islam swasta berbasis di kota Orebro, Swedia, yang bergerak di bidang pendidikan dan sosial, dengan dukungan dana dari Al-Haramain Islamic Foundation. (Almasryalyouum/Ram)