Aljazeera: Pasukan Pemerintah Irak Biarkan Milisi Syiah Hancurkan Masjid Dan Culik Warga Sunni

masjid-jami-al-haarahEramuslim – Milisi Syiah dilaporkan kembali menghancurkan sebuah masjid dan menculik warga Sunni di kota Rutbah provinsi Anbar, beberapa jam setelah berhasil merebut kota bersama pasukan pemerintah Irak dari militan organisasi Negara Islam.

“Tidak hanya menghancurkan Masjid Jami al-Haarah di selatan kota Rutbah, milisi Syiah dari kelompok Abu Fadl Abbas juga membakar sejumlah rumah dan menculik 2 lusin warga serta membawanya ke tempat yang tidak di ketahui,” ujar seorang sumber kemananan Irak yang minta dirahasiakan identitasnya kepada Aljazeera.

Sumber melanjutkan, “Ini semua dilakukan milisi Syiah di hadapan pasukan pemerintah Irak. Dan mereka tidak ada yang mencegah perbuatan keji tersebut.”

Dalam keterangan lainnya, seorang milisi di kota Rutbah mengatakan kepada Anatolia bahwa saat ini dirinya menyaksikan aksi balas dendam yang dilakukan milisi Syiah terhadap orang yang dituduh sebagai pendukung Negara Islam.

Koresponden Aljazeera, Burhan Farhan, di kota Erbil melaporkan bahwa dirinya menyaksikan hal yang sama terjadi di kota Rutbah ketika milisi Syiah masuk dan menguasai kota di Ramadi, Fallujah, dan provinsi Salahuddin. (Aljazeera/Ram)