Amerika Serikat Resmi Luncurkan Serangan Udara Ke Suriah Melalui Turki

pesawat kargo ASEramuslim – Rabu 5 Agustus 2015, juru bicara Departemen Pertahanan Amerika Serikat “Pentagon” mengumumkan telah memulai serangan udara pertama melalui Turki terhadap organisasi Negara Islam di Suriah.

Dalam keterangan yang dibacakan Kapten Jeff Davis di Pentagon mengatakan, “AS telah memulai serangan pertama dari Pangkalan Udara Lncirlik, Turki, dengan menggunakan drone,” tanpa tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Dalam keterangan wartawan BBC Gary Odhog mengatakan bahwa AS telah memulai serangan udara ke Suriah melalui Pangkalan Udara Incirlik dekat kota selatan Adana.

Gary menambahkan bahwa tidak ada berita lebih lanjut mengenai apakah serangan udara tersebut mencapai tujuannya atau tidak?

Sementara itu seorang sumber militer AS menyatakan kepada kantor berita Reuters bahwa Pentagon kini sedang tahap mempersiapkan serangan udara melalui Pangkalan Udara Lncirlik dengan menggunakan pesawat berpilot.

Izin penggunaan Pangkalan Udara Lncirlik pertama kali di umumkan Kementerian Luar Negeri Turki pada 29 Juli lalu, pasca 1 pekan lebih serangaan berdarah yang menewaskan 32 warga sipil di taman budaya Suruc pada 20 Juli lalu.

Pemerintah Ankara menuding gerakan bersenjata Suriah menjadi pelaku serangan tersebut, dan berjanji akan menuntut balas kepada mereka yang dianggap bertanggung jawab atas tewasnya warga sipil tidak berdosa. (Bbcarabic/Ram)