Saudi Akan Segera Perbaiki Hubungan Dengan Ikhwanul Muslimin

ikhwanul musliminEramuslim – Kantor berita Associated Press menyebut Arab Saudi akan segera memperlunak sikapnya dengan kelompok Ikhwanul Muslimin untuk mencegah pengaruh Syiah Iran yang terus meluas di kawasan Timur Tengah.

Analisis ini dikeluarkan Associated Press menanggapi pengaruh Iran yang terus meluas di kawasan paska berhasil menguasai Irak dan Suriah.

Kantor berita kenamaan asal Amerika Serikat ini memprediksi bahwa langkah perbaikan hubungan Saudi-Ikhwan bukan tanpa halangan, tentunya langkah ini dapat menyebabkan gesekan dalam koalisi regional dalam perang melawan pemberontak Syiah Houthi di Yaman, khususnya dengan Mesir yang mencap kelompk tersebut sebagai organisasi teroris.

Senada dengan kantor berita Associated Press, seorang analis politik AS Brian Downing mengatakan, “Alasannya adalah sederhana, pemerintah baru di bawah Raja Salman mungkin mersa bahwa cara lama yang diterapkan Saudi lama tidak bekerja.”

Brian Downing menambahkan, “Sudah saatnya hubungan Saudi-Mesir memasuki tahap baru.”

Sementara itu mantan anggota Dewan Syura Saudi Muhammad Zulfa mengatakan bahwa hubungan Saudi-Turki adalah yang terbaik, “Kedua negara memiliki tujuan yang sama yaitu mempersempit pengaruh Iran di kawasan.”

“Ini berarti perbaikan hubungan antara Saudi-Turki-Qatar, dan tentunya berimbas kepada Ikhwanul Muslimin,” tambah Muhammad Zulfa. (Rassd/Ram)