Avigdor Lieberman: Hanya Ada 3 Pilihan Bagi Hamas

avigdor liebermenMenteri Luar Negeri Israel, Avigdor Lieberman, menyatakan bahwa negaranya hanya memberikan pilihan bagi Hamas mencapai upaya gencatan senjata atau menghancurkannya.

Seperti dikutip surat kabar Israel Yediot Ahronot dari Menlu Avigdor Lieberman pada hari Senin (04/08) kemarin, “ada 3 pilihan bagi Hamas, yaitu mengakhiri konflik dan mencapai kesepakatan jangka panjang, menghancurkan Hamas, ataupun tentara Israel tetap berada di Jalur Gaza dan terus membalas setiap aksi peluncuran roket pejuang Palestina.”

Ini dikatakan Lieberman sebagai tanggapan atas upaya gencatan senjata 72 jam di Jalur Gaza pada hari Selasa ini, yang diprakarsai oleh pemerintah Mesir.

Avigdor Lieberman menambahkan bahwa tentara Israel masih memusatkan perhatiannya untuk menghancurkan sistem terowongan Hamas yang dapat mencapai jantung kota Israel, dan mencegah kembalinya Hamas ketampuk kekuasaan.

Menangapi pertanyaan wartawan apa yang akan terjadi jika Israel terus menghancurkan Jalur Gaza, Lieberman mengatakan “Hanya akan ada satu hasil, yaitu mandat PBB seperti yang terjadi di Kosovo.”

Sementara itu pemimpin partai oposisi pemerintah, Yitzhak Herzog, mengkritik sikap Menlu Israel dan menyebutnya sebagai penyebab hilangnya pengaruh politik luar negeri Israel di mata internasional.

Yitzhak Herzog mengatakan “Tidak ada keraguan lagi bahwa kita telah mencapai kebuntuan diplomatis dengan Palestina karena Lieberman. Saatnya pemerintahan yang buruk perlu diganti.” (Dostor/Ram)