Badan Intelijen Jerman: Ada Sekitar 550 Warga Jerman Bergabung Dengan Milisi Negara Islam

isis66Kepala Badan Intelijen Jerman, Hans Georg Maassen, menyatakan bahwa ada sekitar 550 warga negara Jerman yang ikut bergabung dengan milisi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), dalam sebuah pernyataan pers pada Minggu (23/11).

Hans Georg mengatakan bahwa dari 550 warga negara Jerman yang ikut bergabung dalam barisan ISIS di Suriah dan Irak, 180 di antaranya telah kembali ke negara Jerman, seperti dilansir surat kabar lokal, Welt am Sonntag.

Hans Georg takut mereka yang telah kembali dari Irak dan Suriah dapat melancarkan serangan balasan di Jerman, menanggapi sikap pemerintah yang ikut bergabung dalam koalisi internasional pimpinan Amerika Serikat.

Tercatat pada pekan lalu sebanyak 6 orang ditangkap aparat keamanan Jerman, setelah diduga baru kembali dari perang di Suriah dan Irak.

Dari data yang diperoleh Badan Intelejen Jerman, Bundesnachrichendienst (BND), menyatakan bahwa 60 orang diantara mereka yang telah bergabung tewas dalam perang di Suriah dan Irak, dan 9 diantaranya tewas dalam operasi bunuh diri.

BND menyebut bahwa jumlah mereka yang ikut bergabung dengan milisi ISIS meningkat tajam dalam kurun waktu 6 pekan terakhir. (Rassd/Ram)