Bersitegang Dengan Ankara, Jerman Ancam Tarik 6 Pesawat Tempurnya Dari Pangkalan Incirlik Turki

A technician works on a German Tornado jet at the air base in Incirlik, Turkey, on January 21, 2016. / AFP / POOL / TOBIAS SCHWARZ        (Photo credit should read TOBIAS SCHWARZ/AFP/Getty Images)

Eramuslim – Seorang sumber militer Jerman mengungkapkan niat negaranya untuk menarik 6 pesawat pengintai tipe Tornado dari Incirlik Air Base Turki, jika Ankara terus menolak permintaan kunjungan anggota Parlemen mereka ke Incirlik Air Base.

“Militer Jerman berencana menarik dan memindahkan 6 pesawat Tornado yang ikut berpartisipasi dalam perang koalisi internasional pimpinan AS dari Incirlik Air Base di Turki ke Jordania ataupun Siprus,” ujar sumber yang minta dirahasikan namanya kepada majalah Der Spigel Jerman pada Kamis (25/08).

Sumber tersebut menjelaskan bahwa penarikan ini akan sangat merugikan dalam perang melawan Negara Islam yang dipimpin AS, tertutama dalam misi pengintaian yang diperkirakan akan terhenti minimal selama 2 bulan lamanya.

Menurut sumber, militer Jerman saat ini sedang menilai kemungkinan pendaratan dan pengisian bahan bakar dari pangkalan militer di Yordania atau Siprus.

Hingga kini tidak ada kabar resmi yang dikeluarkan Kementerian Pertahanan Jerman mengenai pemberitaan tersebut.

Kabar penarikan 6 pesawat pengintai Jerman bermula saat Partai Demokrat Sosial, mitra koalisi pemerintahan Angela Merkel, mendesak pemerintah menarik pasukan dan pesawat mereka dari Incirlik Air Base, setelah adanya penolakan kunjungan anggota Parlemen Jerman dari pemerintah Turki. (Skynewsarabia/Ram)