MenKeu Jerman Wolfgang Schäuble: AS Hidup Terlalu Lama Dengan Utang


Dalam sebuah wawancara dengan SPIEGEL, Menteri Keuangan Jerman Wolfgang Schäuble, 68, mengkritik AS karena sudah menyebut Jerman telah mengurangi ekspor. Jerman tampaknya mulai berpaling dari Amerika dan mulai menguatkan hubungan dengan negara-negara Eropa dalam segi perekonomian. Berikut ini adalah petikan wawancaranya.

Menteri Schäuble, seberapa baik Anda bergaul dengan rekan Amerika anda, Menteri Keuangan Timothy Geithner?

Mr Geithner adalah menteri yang sangat baik. Kami memiliki hubungan pribadi yang baik.

Namun demikian, ia terus-menerus mengkritik pejabat pemerintah di negara-negara yang mencapai surplus ekspor yang tinggi dan tidak berbuat cukup untuk merangsang ekonomi domestik mereka. Dia merujuk kepada Anda, bukan?

Ia akan terus seperti itu. Itu sebabnya saya katakan padanya lagi dan lagi bahwa saya pikir sudut pandangnya salah dalam hal ini.

Nilai barang Jerman yang dijual ke Amerika Serikat melebihi impor negara sebesar hampir € 14 miliar ($ 19.8 miliar) tahun lalu. Apa Anda tidak sadar bahwa menteri keuangan Amerika khawatir tentang hal ini?

Tidak, karena sejak kami memperkenalkan euro di Eropa, faktor yang menentukan bukan lagi perdagangan AS lagi dengan Jerman, tetapi perdagangan AS dengan totalitas negara-negara di zona euro. Bagaimanapun, kita tidak mengeluh tentang keberhasilan ekspor masing-masing negara bagian Amerika Serikat.

Apa yang sedang terjadi dengan ekonomi Amerika?

Model pertumbuhan Amerika, di sisi lain, berada dalam krisis yang mendalam. Amerika Serikat hidup dengan uang pinjaman terlalu lama, menggembungkan sektor keuangan yang tidak perlu dan mengabaikan perusahaan kecil dan industri menengah. Ada banyak alasan untuk masalah Amerika.

US Federal Reserve Bank memutuskan untuk membanjiri ekonomi dengan $ 600 milyar uang baru. Apakah ini akan merangsang ekonomi sebagaimana yang diharapkan?

Saya benar-benar ragu akan hal itu. Tidak ada kekurangan likuiditas dalam perekonomian AS, itulah sebabnya saya tidak mengenali alasan ekonomi di balik ukuran ini.

AS ingin menekan nilai dolar dengan cara ini, sehingga dapat menjual produknya di luar negeri dengan lebih mudah. Mengingat ekonomi AS yang sakit, bukankah itu strategi yang benar-benar masuk akal?

Tidak. Keputusan Fed lebih membawa ketidakpastian ekonomi secara global. Mereka membuat lebih sulit untuk mencapai keseimbangan yang wajar antara negara industri dan berkembang, dan mereka merusak kredibilitas AS mengenai kebijakan fiskal. Tidak konsisten bagi Amerika menuduh Cina memanipulasi nilai tukar dan kemudian menekan nilai tukar dolar dengan mencetak uang.

Amerika Serikat mungkin satu-satunya negara yang bertanggung jawab atas kerusuhan di pasar. Krisis euro juga terus membara. Premi risiko untuk obligasi pemerintah melanda Irlandia dan Yunani. Berapa lama waktu yang dibutuhkan sebelum Eropa mengeluarkan jaminan baru?

Saya tidak pesimis dalam hal ini. Meskipun Irlandia telah berutang dalam jumlah besar untuk menyelamatkan bank mereka, mereka membuat kemajuan yang baik dalam membersihkan ekonomi mereka. Dan saya juga sangat menghormati menyelesaikan pemerintah Yunani. Beberapa bulan yang lalu, nyaris tak ada orang akan percaya bahwa Yunani akan berhasil mengimplementasikan program penghematan drastis. Mereka bergerak ke arah yang benar sekarang.

(sa/derspiegel)