CIA : 12 Ribu Pejuang Asing Ikut Berperang Di Suriah

CIA ASBadan intelejen Amerika Serikat CIA dalam laporan akhir tahun 2014 menyatakan sebanyak 12 ribu pejuang asing dari 81 negara terlibat dalam pertempuran di Suriah dalam berbagai faksi perjuangan.

Dalam penelitian CIA bekerjasama dengan pusat studi Suphan menyatakan bahwa krisis di Suriah tidak lagi hanya sebuah revolusi yang ingin menggulingkan rezim diktator, akan tetapi berubah menjadi wilayah untuk menarik pejuang asing dari seluruh dunia.

Dalam klasifikasinya CIA membagi para pejuang asing di Suriah menjadi 2, yaitu kubu pendukung rezim Bashar al Assad, seperti Syiah Hizbullah dan milisi Syiah lainnya. Serta mereka yang bergabung dengan pejuang revolusioner seperti milisi ISIS dan pasukan moderat Suriah.

Tunisia menjadi negara terbanyak yang mengirim warganya untuk bergabung dalam berbagai konflik di negara-negara Arab dengan 3 ribu pejuang, diikuti kemudian oleh Uni Eropa yang mencapai lebih dari 2.500 pejuang.

CIA menduga mereka yang akan berangkat ke Suriah akan menerima pelatihan militer di kamp-kamp ekstrimis di Libya timur sebelum menuju ke Suriah melalui perbatasan Turki. (Alarabiya/Ram)