CIA: Organisasi Negara Islam Bukan Lagi Ancaman Menakutkan

CIA-John BrennanEramuslim – Direktur Badan Intelejen Amerika Serikat “CIA”, John Brennan, menyebut koalisi internasional pimpinan AS telah berhasil mengurangi kemampuan organisasi untuk melakukan serangan bersenjata di dalam maupun luar negeri.

Pernyataan ini dilontarkan John Brennan dalam rapat dengan pendapat dengan komite Kongres AS pada  hari Kamis (16/06) kemarin.

“Menderita kerugian telak akibat serangan udara Rusia serta koalisi internasional dan sekutunya, akan tetapi Organisasi Negara Islam masih menjadi tantangan yang kuat bagi dunia internasional” ujar John Brennan dihadapan Kongres.

John Brennan melanjutkan, “Negara Islam masih memiliki jumlah pejuang yang lebih banyak dari al-Qaida di masa kejayaannya. Kami perkirakan ada sekitar 22 ribu yang tersebar di Suriah dan Irak.”

Menurut Brennan meskipun koalisi internasional berhasil membuat banyka kemajuan dalam medan perang dan mengurangi sumber pendanaan Organisasi Negara Islam, akan tetapi upaya tersebut belum cukup untuk mengurangi kemampuan organisasi dalam menyebarkan aksi teror di dunia. (Bbcarabic/Ram)