Cina Perluas Hegemoni ke Benua Afrika

Chinese Foreign Minister Wang Yi speaks during the thirteenth meeting of the Foreign Ministers of the China, Russia and India at Diaoyutai State guesthouse in Beijing city, China, 02 February 2015. The Russian official and Indian official are in China for meetings with Chinese counterparts to boost bilateral ties.

Eramuslim – Kamis 26 November 2015, pemerintah Beijing mengumumkan akan meningkatkan kerjasama keamanan dan militer dengan negara-negara di Afrika, menanggapi tewasnya 3 warga negara Cina dalam serangan di Hotel Radisson Mali pada 20 November kemarin.

“Sementara China terus meningkatkan kerjasama praktis dengan Afrika, secara tidak langsung ini akan meningkatkan kerjasama bilateral dalam memerangi terorisme dan ekstremisme,” ujar Menlu Cina Wang Yi seperti dilansir kantor berita Reuters.

Menlu Wang Yi melanjutkan, “Bantuan kami kepada negara-negara Afrika tanpa syarat apapun, baik politik maupun ekonomi serta di bidang lainnya.”

Di sisi lain, Presiden Presiden China Xi Jinping berencana akan mengumumkan bantuan baru untuk negara-negara Afrika, saat berkunjung ke Zimbabwe dan Afrika Selatan pada bulan Desember mendatang.

Sebanyak 27 penghuni hotel Radisson tewas dalam insiden penyanderan yang berlangsung selama 12 jam di ibukota Bamako, mali. (Skynewsarabia/Ram)