Dai Syiah Iran: Sepertiga Rakyat Saudi Adalah Syiah

Mohammad Ali Movahedi KermaniDai Syiah terkemuka asal Iran, Mohammad Ali Movahedi Kermani, memperingatkan kerajaan Arab Saudi akan dampak yang akan diterima jika tetap melaksanakan hukuman mati terhadap seorang pemuka Agama Syiah Saudi, Nimr al-Nimr.

Dalam khutbah Jum’at di salah satu Masjid terkemuka di ibukota Teheran, Mohammad Ali Movahedi Kermani, mengatakan “Arab Saudi akan membayar mahal pelaksanaan hukuman mati tersebut, karena sepertiga dari penduduknya adalah warga Syiah.”

Sementara itu berbicara tentang Suriah, dai Syiah terkemuka ini menyebut serangan udara koalisi internasional pimpinan AS bertujuan untuk menghancurkan pusat-pusat industri dan militer di Suriah, seperti dikutip oleh kantor berita Iran (IRNA).

Nimr al-Nimr dijatuhi vonis hukuman mati setelah terbukti melakukan percobaan pembunuhan terhadap seorang polisi selama kerusuhan yang terjadi di kota Awwamiya provinsi Qatif wilayah timur kerajaan pada 15 Oktober lalu.

Nimr al-Nimr adalah tokoh Syiah terkemuka Saudi yang menyerukan pemberian hak yang lebih besar bagi minoritas Syiah di Arab Saudi. (Rassd/Ram)