Darurat Kesehatan: Virus Zika Telah Sampai Ke Singapura

nyamukEramuslim – Pemerintah Singapura memastikan bahwa virus Zika telah masuk ke dalam wilayahnya dan telah menginfeksi 41 orang pekerja kontruksi asing yang berkerja di tempat yang sama, seperti dilansir BBC.

Dalam keterangan bersama Kementerian Kesehatan dan Badan Lingkungan Nasional Singapura pada Minggu (28/8) mengatakan bahwa 34 dari 41 orang yang positif terjangkit virus Zika telah pulih total. Sedangkan 7 orang lainnya masih dirawat di rumah sakit Tan Tock Seng.

Kementerian Kesehatan Singapura menyatakan bahwa tidak ada seorangpun dari mereka yang positif tertular tela mengunjungi daerah-daerah yang terjangkit virus Zika.

Kasus virus Zika pertama kali muncul pada bulan Mei lalu saat seorang penduduk lokal berumur 48 tahun telah mengunjungi Brasil di saat virus Zika mewabah.

Sementara itu Menlu Indonesia Retno LP Marsudi dalam keterangannya pada Senin (29/08) pagi mengatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait dengan berita merebaknya virus zika di Singapura, dan akan mengeluarkan kebijakan agar virus Zika tidak sampai ke Tanah Air, tanpa mengungkapkan kebijakan tersebut. (Bbcarabic/Ram)