Dewan Ulama Senior Saudi Fatwakan Haram Berjihad Di Suriah Dan Irak

ISISDewan Ulama senior Arab Saudi mengharamkan generasi islam untuk ikut bergabung dalam kelompok-kelompok tertentu yang kini bertempur di Suriah dan Irak.

Dalam pernyataan Dewan yang diketuai oleh Grand Mufti Arab Saudi, Sheikh Abdul Aziz Al-Sheikh, hari Rabu (17/09) kemarin menyatakan “Haram hukumnya pergi ke daerah-daerah konflik (Irak dan Suriah) untuk ikut bergabung dalam kelompok tertentu.”

Dewan Ulama senior Arab Saudi ini menyebut mereka yang ikut berperang adalah orang-orang bodoh yang telah keluar dari janji setia kepada pemimpin, dan meminta pemerintah untuk melawan mereka yang mengajak untuk bergabung dengan kelompok-kelompok ini.

Dalam pernyataannya, Dewan Ulama Saudi menyebut kelompok seperti Al-Qaeda dan Daash (organisasi Negara Islam Irak dan Suriah “ISIS”) di samping pemberontak Syiah Zaidi di Yaman (Houthi) dan Hizbullah Lebanon adalah teroris.

Sebelumnya Grand Mufti Arab Saudi, Sheikh Abdul Aziz Al-Sheikh, mengeluarkan fatwa yang menyerukan pemerintah Islam untuk memerangi kelompok ekstrimis ini jika mereka membunuh umat Muslim. (Shorouk/Ram)