Direktur CIA : Amerika Tidak Akan Bisa Jadi Juru Damai di Dunia Arab

James ClapperEramuslim – Direktur Badan Intelejen Amerika Serikat “CIA”, James Clapper, menegaskan bahwa perang melawan Negara Islam dan organisasi ekstrimis lainnya di kawasan Timur Tengah akan membutuhkan waktu puluhan tahun, meskipun saat ini AS berhasil mengendaikan jalannya peperangan.

“Meskipun kampanye udara AS di Irak berhasil merebut wilayah yang dikuasai Negara Islam dalam beberapa bulan terakhir, akan tetapi mengembalikan kota kedua terbesar di Irak, Mosul, akan memakan waktu yang lama dan menyebabkan banyak kekacauan,” ujar Clapper dalam wawancaranya dengan The Washington Post.

Clapper melanjutkan, “Biarpun AS berhasil mengalahkan kelompok ekstrimis di Irak dan Suriah, masalah yang sama akan kembali terulang meski dengan wajah baru. Akan ada kekacaun yang akan terus berlanjut di wilayah ini untuk waktu yang lama.”

Menurutnya, AS tidak akan dapat menciptakan perdamaian di kawasan Timur Tengah atau hanya sekedar memperbaiki wilayah ini di tengah penindasan yang dilakukan rezim setempat terhadap kekebasan berpendapat dan ekonomi. (Almasryalyoum/Ram)