Ditemukan Mumi Fir’aun Baru di Selatan Kairo

mumiKementerian Purbakala Mesir mengumumkan penemuan sebuah mumi Fir’aun baru pada hari rabu (02/10) di sebuah rumah milik salah seorang warga Mesir yang berada di wilayah Selatan Kairo.

Dalam penyataan resminya, Kementerian Purbakala Mesir menyatakan bahwa mumi tersebut kemungkinan hasil pencurian melalui penggalian terowongan bawah tanah. “Kami memperkirakan kemungkinan besar di daerah tersebut merupakan tempat kuil-kuil kuno atau tempat pemakaman para raja Mesir kuno.”

Menurut keterangan Ketua Pusat Administrasi dan Kepala Komite Penelitian Mumi, Yusuf Khalifah pada hari kamis (03/10) , “mumi yang ditemukan dibungkus kain linen dan wajahnya ditutupi topeng gipsum dengan warna biru dan emas, serta bagian dadanya dihiasi rompi dengan motif geometris bunga dan gambar dewi ” Knott ” yang dikenal oleh orang Mesir kuno sebagai “Dewi Surga.”

Dia menambahkan bahwa “ di sekitar atas kaki terdapat gambar prasasti ‘Dewi Nakhbat’ dengan simbol sayap ” Maat ” yang menurut orang Mesir kuno dianggap sebagai simbol keadilan dan kebenaran. kami belum mengetahui siapa mumi tersebut dan dari zaman apa?”

Di akhir konferensi pers, Yusuf menyatakan bahwa pihaknya dan pemerintah akan segera memindahkan Mumi tersebut ke Museum Mesir, di Tahrir Square, Kairo, untuk menjalani penyimpanan dan perawatan.

Penggalian dan pencurian mumi kuno Mesir sselama beberapa dekade terakhir ini mengalami peningkatan, biasanya masyarakat mengira bahwa di dalam kuburan tersebut terdapat harta benda yang ikut dikuburkan bersama mumi. (skynewsarabia/Zhd)