2 Tentara Turki Tewas dalam Bentrokan dengan PKK di Turki Tenggara

2 Tentara Turki Tewas dalam Bentrokan dengan PKK di Turki Tenggara

Dua tentara Turki tewas dalam bentrokan dengan para anggota Partai Pekerja Kurdistan (PKK) di provinsi tenggara Hakkari.

Kedua orang tewas ketika pasukan keamanan dan pemberontak PKK baku tembak pada hari Minggu kemarin (9/9) di dekat desa Ortaklar kota Semdinli di provinsi Hakkari, kantor berita setengah resmi Anatolia melaporkan.

Laporan itu mengatakan bahwa kemungkinan beberapa anggota PKK juga tewas selama operasi militer besar-besaran terhadap pemberontak. Pesawat tempur Turki juga berpartisipasi dalam operasi tersebut.

Pejuang PKK melancarkan serangan mereka dari Pegunungan Qandil Irak di wilayah yang dikuasai oleh Pemerintah Daerah Kurdistan.

Militer Turki telah melakukan serangan udara dan serangan artileri terhadap posisi PKK di Irak utara sejak memulai serangkaian serangan udara terhadap pangkalan militan itu pada bulan Desember 2007 dan operasi darat selama seminggu pada bulan Februari 2008.

PKK telah berperang untuk mendirikan sebuah wilayah Kurdi merdeka di Turki sejak awal 1980-an.

Lebih dari 40.000 orang telah kehilangan nyawa mereka sejak PKK meluncurkan kampanye bersenjata melawan Ankara pada tahun 1984.(fq/prtv)