AS Danai Partai Politik dan LSM Mesir untuk ‘Demokrasi’ sesuai Keinginan AS

obamaInformasi yang diperoleh dari Freedom of Information Act, wawancara, dan catatan publik , mengungkapkan Washington  melakukan intervensi atas nama “bantuan demokrasi”. Bantuan ini telah melanggar hukum Mesir, yang melarang adanya pendanaan politik dari pihak asing.

Ini juga melanggar peraturan pemerintah AS yang melarang penggunaan uang pembayar pajak dari rakyat AS untuk mendanai politisi asing, atau kegiatan subversif keuangan yang menargetkan pemerintah yang terpilih secara demokratis.

Program bantuan Demokrasi dari Washington untuk Timur Tengah disaring melalui Departemen Luar Negeri dengan menggunakan Ratusan juta dolar pembayar pajak yang disalurkan melalui Biro Demokrasi, Hak Asasi Manusia dan Tenaga Kerja (DRL), The Middle East Partnership Initiative (MEPI), USAID yang berbasis di Washington, dan organisasi semi-pemerintah National Endowment for Democracy (NED).

Pada gilirannya, kelompok-kelompok  ini memutar uang kepada organisasi lain seperti International Republican Institute, National Democratic Institute (NDI), dan Freedom House, antara lain. Dokumen federal menunjukkan kelompok-kelompok inilah yang  telah mengirim dana ke organisasi organisasi tertentu di Mesir, sebagian besar dijalankan oleh anggota senior partai politik anti-Mursi dan para aktivis LSM.

USAID mengelola sekitar $ 1.4 milyar per tahun di Timur Tengah, dengan hampir $ 390M ditujukan untuk promosi demokrasi, menurut Proyek yang berbasis di Washington pada Timur Tengah untuk  Demokrasi (POMED).

Pemerintah AS tidak menerbitkan angka pengeluaran untuk setiap  negara , tapi Stephen McInerney, direktur eksekutif POMED, ​​perkirakan bahwa Washington menghabiskan sekitar $ 65 juta pada tahun 2011 dan $ 25 juta pada tahun 2012. Ia mengatakan ia mengharapkan jumlah yang sama dikeluarkan di tahun ini. (aljazeera/KH)