AS Gencarkan Konsolidasi Keamanan, Apalagi Teror Yang Akan Dibuat AS

obama asKarena peringatan teror global atas potensi serangan al-Qaeda “yang terjadi di atau berasal dari Jazirah Arab,”  penasihat keamanan nasional Presiden Barack Obama mengadakan pertemuan pada hari Sabtu. Di antara mereka yang hadir dalam pertemuan itu Menteri Luar Negeri John Kerry dan Menteri Pertahanan Chuck Hagel, kata jubir Gedung Putih.

“Sore ini, Penasehat Keamanan Nasional (Susan) Rice  mengadakan pertemuan dengan Komite Prinsipal untuk lebih meninjau situasi dan tindak lanjut,” kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan,  menurut kantor berita Reuters.

“Presiden telah menerima briefing selama seminggu terakhir pada semua aspek potensi ancaman dan tindakan-tindakan kesiapan kami,” katanya.

Hadir pula kepala CIA, FBI dan National Security Agency, serta Duta Besar AS untuk PBB, Gedung Putih mengatakan, menurut kantor berita AFP.

Obama tidak hadir tapi ia mengikuti perkembangan .

Dalam beberapa hari terakhir, Washington memerintahkan kedutaan di negeri negeri  teluk  ditutup Minggu.  Kemudian aksi penutupan kedutaan ini dikuti pula oleh Jerman, Inggris dan Perancis yang menutup kedutaan  mereka di Yaman setidaknya dalam dua hari kedepan. (Aljazeera/Dz)