AS Kerahkan Senjata Berat Dukung Syiah Irak Untuk Habisi Mujahidin Muslim

nur maliki obamaAmerika Serikat telah mengatakan akan mempercepat penjualan militer dan pengiriman senjata ke Irak untuk membantu pemerintah Syiah Perdana Menteri Nouri al – Maliki untuk melawan militan al- Qaeda di provinsi Anbar yang bergolak .

Juru bicara Gedung Putih Jay Carney mengatakan Amerika Serikat sedang mencari untuk menyediakan pengiriman tambahan rudal Hellfire segera pada musim semi depan .

Amerika Serikat juga akan memberikan 10 pesawat Drone surveilans ScanEagle tak berawak  ( UAV ) ke Irak dalam beberapa pekan mendatang dan 48 Drone Raven UAV surveillance akhir tahun ini , kata Carney .

Meskipun serangan militer pemerintah Syiah  sedang berlangsung , pasukan Syiah Irak telah gagal untuk merebut kembali daerah jihad yang masih dikuasai oleh Mujahidin Muslim  Anbar .

Kementerian Pertahanan Irak mengatakan pada hari Selasa bahwa serangan udara pemerintah menewaskan 25 militan al- Qaeda di provinsi yang terkepung tersebut.

Pada hari Senin kemarin Mujahidin Muslim  yang setia kepada Negara Islam Irak dan Levant (ISIL) masih menguasai  Falluja , di bagian barat Baghdad , walau mereka menghadapi  serangan besar dari pihak kepolisian Syiah Irak .

” Bentrokan meletus pada pukul 11 malam  dan berakhir pagi ini pukul 06:00  . Pasukan keamanan Syiah Irak tetap gagal untuk memasuki wilayah tersebut dan ISIL masih memegang kendali . ”

Empat warga sipil tewas dan 14 terluka dalam pertempuran itu , Dr Ahmed Abdel Salam  kepada AFP .

ISIL mendapatkan dukungan  dari gelombang kemarahan Rakyat Muslim atas pemerintah Syiah , sehingga pada 30 Desember lalu mereka berhasil  merebut sebagian besar wilayah kota dan keseluruhan dari kota Fallujah. (Arby/Dz)