AS Kirim Pesawat Tempur F16 Ke Militer Mesir, Pertanda Dukungan atas Kudeta Militer

f16Amerika Serikat paska kudeta Militer akan mengirimkan empat pesawat tempur F-16 ke Mesir dalam beberapa minggu mendatang, para pejabat AS mengatakan kepada Reuters pada hari Rabu, ini menandakan dukungan AS kepada Kudeta yang terjadi di Mesir atas Presiden Mursi yang berasal dari Ikhwanul Muslimin.

Mesir adalah penerima bantuan AS terbesar kedua setelah Israel, militer Mesir menerima $ 1,500,000,000 per tahun. Dan pengiriman Jet ini adalah bagian dari paket bantuan, seorang pejabat pertahanan AS mengkonfirmasi.

Seorang pejabat pertahanan mengatakan pengiriman dari empat F-16 itu akan dikirim  pada bulan Agustus.

“Tidak ada perubahan saat ini dalam rencana untuk memberikan F-16 kepada militer Mesir,” kata seorang pejabat AS yang tidak ingin disebutkan namanya.

Mursi, Presiden Mesir terpilih pertama secara bebas, menyalahkan Amerika Serikat karena membiarkan apa yang mereka sebut kudeta militer. Sedangkan militer Mesir mengatakan Mursi dan Ikhwanul Muslimin menghasut kekerasan ketika rakyat Mesir turun ke jalan untuk memprotes kebijakan presiden.

Gedung Putih tidak menyebutkan apa yang terjadi di Mesir sebagai kudeta militer , AS hanya beralasan bahwa jutaan orang Mesir menginginkan perubahan dalam pemerintahan.

Dan delapan F-16 akan dijadwalkan juga untuk dikirimkan pada bulan Desember 2013. (Arby/Dz)