AS Suplai 5000 Rudal Kepada Rezim Syiah Irak Untuk Perangi Daulah Islam

rudalPada hari Rabu Amerika Serikat mengumumkan melakukan  penjualan 5.000 rudal ke pemerintahan Syiah Irak sebagai bagian dari kesepakatan penjualan senjata senilai $ 700 juta dolar termasuk 180 rudal Lockhead Martin “Hellfire” yang  sudah dikirim  tahun ini dan 360 lainnya rudal “Hellfire ” akan disampaikan pada bulan Agustus 2014, sisanya akan dikirim secara berjangka.

Departemen Pertahanan Keamanan mengatakan bahwa “Departemen Luar Negeri AS setuju untuk menjual lima ribu rudal Hellfire ke Irak  untuk membantu pemerintahan Syiah Maliki untuk memerangi Daulah Islam, Irak akan menggunakan rudal ini untuk meningkatkan kapasitas aparat keamanannya. ”

Departemen Pertahanan AS mengatakan bahwa “Washington telah serahkan ke Bagdad 180 rudal Hellfire di tahun ini dan 360 lainnya akan dikirimkan Agustus mendatang.”

Ini adalah yang kesepakatan terbesar penjualan rudal baru-baru ini antara kedua negara, yang meliputi 5 ribu rudal untuk digunakan oleh pesawat jet, peralatan , suku cadang dan pelatihan yang ditawarkan oleh pasukan Amerika kepada departemen  keamanan Irak.

Pasukan AS biasa menggunakan rudal Hellfire ini, yang dikombinasikan  oleh  drone untuk memburu para mujahidin  al-Qaeda di Pakistan, Yaman dan bumi jihad lainnya. (JL/KH)