Banjir di Eropa Tengah Mulai Surut

hunggari banjirBanjir telah menyusut di Hungaria, setelah sungai Danube mencapai tingkat rekor tertinggi pada hari Minggu lalu sedalam 8,91 meter.

Istvan Tarlos, Walikota Budapest, mengatakan pada hari Senin bahwa situasi ibukota mulai surut perlahan. Tidak ada korban jiwa di Hongaria,  tetapi 21 orang telah tewas dalam musibah banjir di Eropa tengah.

“Alhamdulillah” , sungai sudah mulai surut … [dan] saya tidak punya lagi laporan mengenai bencana,” kata Tarlos, menyatakan bahwa rekor puncak banjir sebelumnya sedalam  8,6 meter di tahun 2006.

Banjir telah memaksa puluhan ribu orang meninggalkan rumah mereka selama seminggu terakhir di Jerman, Austria, Slovakia, Polandia, Republik Ceko dan Hungaria.

Pada hari Minggu, ribuan orang meninggalkan rumah mereka di Jerman Timur karena bendungan jebol di Sungai Elbe dan lahan pertanian terendam banjir.

Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban mengatakan pada hari Senin bahwa 20.000 orang bekerja keras  untuk membuat penguatan tanggul sungai Danube dan sekarang kami fokus  penguatan tanggul ke bagian sungai dari selatan Budapest.

Di Hungaria, sekitar 1.300 orang dari 34 kota dan desa telah dipaksa untuk meninggalkan rumah mereka di Hongaria dan 44 jalan telah ditutup karena banjir, kata pihak berwenang pada hari Minggu.

Warga Budapest menyatakan lega bahwa sesuatu yang terburuk sudah berakhir. (Aljazeera/KH)