Budha Myanmar akan Bentuk Militer Budhis untuk Hadapi Muslim Rohingya

BurmaBuddhistsPertemuan umat Budha dalam sebuah konferensi baru-baru ini  di Arakan , di kota Kyaukphyu Township , Myanmar. Beberapa  politisi Buddha , biarawan dan tokoh masyarakat telah menyerukan pembentukan sebuah ” Laskar Pertahanan Nasional Arakan ” yang bertujuan untuk melindungi warga Budha dari kemungkinan serangan pembalasan dari   minoritas Muslim .

” Keputusan ini keluar berdasarkan  analisa kami terhadap situasi saat ini , ” ujar Nyi Nyi Maung , seorang juru bicara dari  Konferensi Nasional Arakan, seperti dikutip oleh situs berita The Irrawaddy pada tanggal 3 Mei .

Konferensi kontroversial ini bahkan dihadiri pula oleh anggota Parlemen Shwe Mann dan Menteri  Aung Min , yang biasanya mereka ditugaskan mengadakan pembicaraan damai dengan kelompok etnis bersenjata .

Milisi Budha yang berbuat kejahatan , umat Budha yang ketakutan , Padahal yang teraniaya adalah Muslim Rohingya yang alami  beberapa episode kekerasan yang dipimpin oleh milisi Buddha sepanjang dua tahun terakhir .

Bahkan serangan terbaru telah didokumentasikan oleh perwakilan PBB urusan  kemanusiaan  tentang adanya pembantaian sedikitnya 48 Muslim Rohingya , sebagian besar korban adalah perempuan dan anak-anak , yang terjadi di bagian barat negara bagian Rakhine di Burma .

Media resmi dan Departemen Penerangan Myanmar membantah laporan tersebut.

Namun , sebuah LSM yang berbasis di Thailand , Proyek Arakan , mengatakan telah menerima bukti dan beberapa laporan bahwa puluhan Muslim Rohingya tewas oleh pasukan keamanan dan Arakan Buddha . (OI/KH)