Bumi Akan Dihujani Meteor di Awal Tahun 2014

Redaksi – Senin, 27 Safar 1435 H / 30 Desember 2013 09:43 WIB

Sebuah komet kecil tapi memiliki cahaya yang sangat terang sedang menuju Matahari, dan diduga akan menimbulkan hujan meteor.

Menurut para peneliti, komet yang diberi nama Ison akan memuntahkan debu sekitar 50,8 ton dan memicu hujan meteor di Bumi.

Berdasarkan hasil simulasi komputer, dilansir Discovery News,para peneliti memprediksikan debu-debu komet itu akan sampai ke Bumi pada 12 Januari 2014.

Menurut Bill Cooke, peneliti utama di Meteoroid Environmental Center NASA, di Marshall Spaceflight Center, Alabama, beberapa partikel debu dari komet akan terdorong oleh tekanan sinar matahari.

“Hasil dari dorongan itulah yang memungkinkan partikel debu tertangkap oleh gravitasi Bumi, dan akhirnya jatuh di Bumi,” ujar Cooke.

“Partikel debu itu akan menghantam atmosfer Bumi dengan kecepatan 125.000 mph, atau sekitar 201 kilometer per jam. Kemudian akan tampak bintang jatuh di Bumi,” tandasnya.

Sementara itu, Paul Wiegert, pakar astronomi dari  University of Western Ontario, Kanada, berpendapat partikel debu itu akan terdeteksi seperti awan biru ketika sampai di langit Bumi.

“Kejadian itu biasa disebut sebagai noctilucent atau awan yang bersinar dan dapat diamati ketika Matahari berada di cakrawala. Kemunculan partikel debu itu akan diam-diam ketika sampai di Bumi,” kata Wiegert.


Komet Ison. (Discover Magazine)

Saat ini, posisi komet Ison masih sekitar satu juta kilometer dari Matahari. Diperkirakan pada 28 November 2013, komet Ison mencapai jarak terdekat dengan matahari.

“Untuk sampai ke Bumi masih beberapa bulan setelahnya. Kini komet itu masih berjarak 450 juta kilometer dari Bumi, diperkirakan akan mencapai 65 juta kilometer pada 26 Desember 2013,” ungkap Cooke.

Komet Ison pertama kali ditemukan oleh astronom amatir asal Rusia pada September 2012. Nama Ison merupakan kepanjangan dari International Scientific Optical Network, yaitu teleskop yang digunakan saat menemukan komet Ison. (Discovery/viva/Dz)

Dunia Islam Terbaru

blog comments powered by Disqus