Daulah Islam Mulai Memerangi Pemberontak Syiah Houthi di Yaman

irak-isis-usa-interventionEramuslim.com – Kelompok Negara Islam (IS) pada Rabu (17/6) menyatakan kelompok itu melancarkan empat serangan bom mobil terhadap kelompok pemberontak Syiah Al Houthi di Ibu Kota Yaman, Sana’a. Sehingga menewaskan sedikitnya 18 orang dan melukai puluhan orang lagi.

Di salam satu pernyataan yang disiarkan di Twitter, IS mengatakan prajuritnya menggunakan empat bom mobil dalam serangan terhadap tempat syiah Al-Houthi, demikian laporan Xinhua, Kamis (18/6). Satu bom mobil meledak di luar kantor Biro Politik syiah Al-Houthi, badan tertinggi pengambil keputusan, di Yaman Utara, dan yang lain di dekat tiga tempat ibadah.

Beberapa sumber keamanan mengatakan kepada Xinhua 18 pendukung Al Houthi tewas saat mereka mengadakan upacara di dekat kantor itu, dan puluhan orang cedera dalam ledakan di tempat ibadah tersebut.

Pada 20 Maret, pembom syahid IS menyerang dua tempat ibadah di Sana’a dan markas Al Houthi di Provinsi Saada di Yaman Utara, sehingga menewaskan sedikitnya 137 orang, serangan paling mematikan di Yaman selama beberapa dasawarsa.

Yaman adalah tempat kehadiran cabang Alqaidah, Alqaidah di Jazirah Arab (AQAP) yang meningkatkan serangan terhadap kelompok Syiah Al Houthi sejak September, ketika petempur Al Houthi menduduki Sana’a dan mulai bergerakan ke wilayah Yaman Selatan, tempat AQAP aktif bergerak.(rz)