Demokrasi Memainkan Perannya di Tunisia, Antar Partai saling Menjatuhkan

Partai-Partai di Tunisia sedang bersiap untuk menghadapi pemilu mendatang, dan beberapa partai oposisi membentuk aliansi untuk bersama-sama menghadapi gerakan Islam yang kini menguasai pemerintahan Tunisia.

Disebutkan bahwa beberapa partai Liberal membentuk sebuah koalisi dalam pemilu nanti untuk menghadapi Koalisi yang berkuasa saat ini yang dipimpin oleh gerakan Kebangkitan.

Koalisi oposisi yang baru terdiri dari partai “Nida’ Tunis” yang dipimpin oeh mantan Perdana Menteri Beji caid Essebsi, dan partai republik yang dipimpin oleh Maya alJirbi.

Koalisi tersebut juga berusaha untuk “memotong jalan” gerakan kebangkitan di Pemilu mendatang, dengan menyatukan semua Visi mereka sebagaimana koalisi ini juga berusaha untuk meyakinkan “aljabhah Asy-Sya’biyah” yang mencakup beberapa partai berhaluan kiri untuk ikut bergabung dengan mereka.

Sementara itu Geakan kebangkitan berupaya untuk mengeluarkan Undang-undang melalui majelis Konstituante dengan nama “hukum Imunisasi revolusi”, dimana hukum tersebut merupakan upaya menggulingkan partai “Nida’ Tunis” dari panggung politik denga dalih bahwa pemimpinnya, beji Caid Essebsi pernah bergabung dengan partai RCD (Democratic Constitutional Rally), yang merupakan partai dari Ben ali. (hr/alarabiya)