Dewan Keamanan PBB : Siapapun yang Beli Minyak Daulah Islam , Akan Dapat Sanksi Berat PBB

oilSenin, Dewan Keamanan PBB , sebuah lembaga pro kepentingan barat,  mengecam Daulah Islam yang telah kuasai  ladang minyak dan jalur pipa di Suriah dan Irak yang menjual minyak tersebut, dan mengancam siapapun yang membeli minyak dari Daulah Islam akan  menghadapi sanksi berat.

Dewan yang terdiri dari  15-negara tersebut  mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa setiap perdagangan minyak dengan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) atau front Al-Nusra akan mendapatkan  sanksi PBB karena kedua kelompok tersebut telah menjadi daftar hitam Teroris oleh PBB.

Rusia pun kirimkan pernyataannya dengan  “mengutuk keras keterlibatan oleh siapapun  dalam perdagangan langsung maupun tidak langsung pembelian hasil minyak dari Suriah dan Irak ,” dan “menekankan bahwa keterlibatan perdagangan tersebut merupakan dukungan keuangan untuk teroris dan dapat menyebabkan sanksi lebih lanjut .”

Daulah Islam  menyita empat ladang minyak  ketika mereka menyapu Irak utara bulan lalu dan sekarang mereka sudah mulai memperdagangkan hasil minyak mentah .

Dewan Keamanan PBB mencatat bahwa setiap ladang minyak atau infrastruktur yang dikendalikan oleh organisasi teroris bisa menghasilkan pendapatan untuk teroris, yang akan mendukung upaya perekrutan mereka, termasuk perekrutan pejuang teroris asing, dan memperkuat kemampuan operasional mereka untuk  melakukan serangan teroris. ” (Arby/Dz)