Drone Pembunuh Milik Inggris Dikirim ke Kuwait untuk Penyerangan Posisi IS di Irak

14-Drone-GettyDrone buatan Inggris ini telah disiapkan untuk pertempuran Suriah dalam perang melawan IS. Drone Reaper dengan senjata lengkap telah dipindahkan dari markas di Afghanistan dan akan digunakan dalam misi di Irak-Suriah , Media The Independent informasikan .

Pekan lalu, Pemerintah Inggris mengumumkan pemindahan Drone Reapers untuk operasi di Irak dan Suriah, di mana militer Inggris sudah beraksi sebagai bagian dari koalisi pimpinan AS.

“Angkatan udara Inggris hingga saat ini telah menerbangkan  37 misi udaranya  atas Irak sejak Parlemen Inggris resmi izinkan tindakan serangan udara tersebut,” ujar Menteri Pertahanan, Michael Fallon, mengatakan kepada anggota parlemen kemarin.

Drone Reaper , pesawat tak berawak ini akan ditempatkan  di Kuwait setelah dipindahkan  dari Kandahar, drone tersebut akan dikendalikan melalui link satelit dari markas angkatan udara Inggris RAF Waddington di Lincolnshire.

Perlu diketahui, Drone Reaper ini-lah telah melakukan lebih dari 4.800 serangan mendadak dengan sasaran mujahidin Afghanistan dan Pakistan sejak tahun 2008. (Ind/KH)