Dua Kapal Perang Israel Melintas di Terusan Suez

Dua kapal perang Israel, dikawal oleh kapal-kapal Mesir, telah menyeberangi Terusan Suez dalam perjalanan mereka ke Laut Merah, media Mesir melaporkan.

Seorang pejabat senior di Otoritas Terusan Suez di Mesir membuat pengumuman pada hari Selasa kemarin (30/10), membenarkan bahwa dua kapal Israel berlayar di kanal pada hari Senin lalu untuk tujuan yang tidak diketahui, surat kabar Haaretz melaporkan.

Pejabat itu mengatakan kepada sebuah situs Mesir bahwa kapal – Eilat dan kidon – meninggalkan Pelabuhan Haifa dalam perjalanan mereka ke Laut Merah, tetapi tujuan pelayaran mereka tidak diketahui.

Menurut media Mesir, itu bukan pertama kalinya kapal perang Israel menggunakan Terusan Suez dalam beberapa tahun terakhir melakukan perjalanan serupa

Dalam menanggapi laporan itu, juru bicara Pasukan Pertahanan rezim Israel (IDF) mengatakan bahwa kapal Angkatan Laut Israel beroperasi di sekitar Laut Merah. Kapal-kapal beroperasi di daerah itu sesuai dengan rencana tahunan Angkatan Laut.

Pada tanggal 13 Maret lalu, surat kabar Mesir al-Ahram melaporkan bahwa dua kapal perang Israel dan sebuah kapal Prancis meninggalkan pelabuhan Said dari Terusan Suez setelah melintasi kanal di bawah pengamanan ketat.(fq/prtv)