Dua Orang yang Terlibat Pembunuhan Presiden Mesir Anwar Sadat Dibebaskan

Al Furqan – Jumat, 11 Maret 2011 08:35 WIB

Insiden penembakan ANwar Sadat tahun 1981Penguasa militer Mesir pada hari Kamis kemarin (10/3) memerintahkan pembebasan dua orang yang dipenjarakan karena peran mereka dalam pembunuhan presiden Anwar Sadat pada tahun 1981.

Abboud dan Tarek el-Zomor ditahan dengan dakwaan akan adanya peran mereka dalam kasus penembakan Sadat dalam parade militer di Kairo tahun 1981 lalu.

Mereka dihukum pada tahun 1984 dengan tuduhan merencanakan pembunuhan dan menjadi anggota kelompok Jihad Islam terlarang – mereka sendiri pelaku sebenarnya pembunuhan Sadat. Kelima tersangka utama, termasuk penembak, ditangkap dan telah dieksekusi mati.

Kedua orang ini yang dituduh terlibat pembunuhan Sadat dijatuhi hukuman 20 tahun penjara.

Tarek el-Zomor diperintahkan dibebaskan pada bulan Juli 2005, tapi dia tidak pernah dibebaskan karena adanya kebijakan Kementerian Dalam Negeri untuk menahan tahanan sampai lima tahun lagi dengan alasan keamanan. Abboud el-Zomor juga diharapkan akan dibebaskan setelah menjalani masa penahanannya tapi tetap di balik jeruji dengan alasan yang sama.

Sekitar 60 tahanan lain yang telah menyelesaikan syarat hukuman tahanan mereka akan dibebaskan dalam urutan yang sama.

Sekitar 23.000 hingga 80.000 tawanan melarikan diri selama pemberontakan 18-hari yang mengarah pada pengusiran Presiden Hosana Mubarak pada 11 Februari. Ada peluang untuk melarikan diri di penjara tempat di mana el-Zomors ditahan, namun keduanya tidak melarikan diri.(fq/ap)

Dunia Islam Terbaru

blog comments powered by Disqus