Dubes Inggris Untuk Saudi Bersyahadat dan Langsung Berhaji

Eramuslim.com – Duta Besar Inggris untuk Arab Saudi Simon Collis telah menyatakan diri masuk Islam dan baru saja menunaikan ibadah haji bersama istrinya asal Suriah, the Guardian melaporkan, Kamis (15/09/2016).

Foto saat Collis (60) berdiri di depan Ka’bah dan mengenakan pakaian ihram diunggah ke Twitter oleh Fawziah Albakr, mahasiswi Universitas King Saud.

“Duta besar pertama Inggris yang memimpin ibadah haji setelah memeluk Islam: Simon Collis bersama istrinya, Huda, di Mekkah. Alhamdulillah,” tulis Albakr dalam bahasa Arab, Senin.

dubes-inggrisCollis mengucapkan terima kasih kepada Albakr dan mengonfirmasi bahwa dirinya telah memeluk Islam melalui Twitter.

Duta besar Inggris itu menyatakan diri masuk Islam pada 2011 lalu “setelah hidup di tengah masyarakat Muslim selama 30 tahun” dan tak lama sebelum menikahi Huda al-Mujarkech, menurut laporan media Arab.

Collis ditempatkan di Riyadh sejak 2015. Dia pernah bertugas di beberapa negara Timur Tengah, termasuk Suriah, Irak, Qatar, Uni Emirat Arab dan Yaman, selain juga India dan Tunisia.

Kantor Kementerian Luar Negeri Inggris enggan berkomentar dengan alasan bahwa ini adalah masalah pribadi. Kedubes Inggris di Riyadh juga tidak mau berkomentar.(ts/rn)