Eksekutor Penggantung Saddam, Tewas Terbunuh

saddamSalah satu algojo yang terlibat dalam menggantung Presiden Irak Saddam Hussein telah tewas terbunuh , jelas  Partai Baath yang terlarang mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat.

Meskipun tidak memberikan tanggal kapan algojo itu tewas, pernyataan itu mengidentifikasi sebagai Mohammed al-Maliki Nassif, yang diduga muncul dalam video eksekusi Saddam.

Pernyataan itu mengatakan Maliki adalah orang yang  bertopeng berdiri di sisi kiri mantan orang kuat Irak yang terjerat di lehernya.

Dalam laporan tersebut, diposting di situs resmi partai, bahwa  anggota partai Baath membunuh Mohammed al-Maliki Nassif, di kota Yusufiyah (sekitar 25 km sebelah barat daya dari, Baghdad).”

Para pejabat Irak belum mengomentari laporan kematian Maliki. Situs ini menyebutkan bahwa sebelum invasi pimpinan AS ke Irak, Maliki bekerja  menjual sayuran di provinsi Karbala negara. Setelah eksekusi Saddam, ia bergabung dengan tim pengawal Perdana Menteri Irak Nuri al-Maliki dan diberi pangkat kapten setelah berjasa sebagai eksekutor  mantan presiden Irak ke tiang gantungan, laporan menyatakan. (Arby/Dz)