Erdogan: Gencatan Senjata Hanya Ada di Sepertiga Wilayah Suriah

erdogan2Eramuslim.com – Presiden Turki Recep Tayyib Erdogan pada Senin (29/02) mengatakan, bahwa gencatan senjata yang berlangsung di Suriah sejak akhir pekan kemarin, hanya mencakup di sepertiga daerah saja. Sementara itu, Erdogan berharap agar gencatan senjata diperluas hingga ke seluruh Suriah.

Dalam konferensi pers bersama Presiden Pantai Gading Alassane Ouattara di Kota Abidijan ia mengatakan,  serangan masih berlangsung di beberapa wilayah di Suriah. Konferensi pers ini berlangsung saat kunjungan resminya ke negara Afrika Barat, dan disiarkan secara “live” di Turki, demikian yang dilansir Arabi21.

Sekjen PBB Ban Ki-Mon sehari sebelumnya mengatakan, bahwa gencatan senjata dapat terkonsolidasi untuk wilayah yang lebih luas. Meskipun beberapa insiden diharapkan dapat cair di bawah kesepakatan gencatan senjata.

Sedangkan pada Senin, media lokal mewartakan bahwa tentara Turki melepaskan serangan ke basis ISIS di Suriah, dengan koordinasi koalisi internasional, yang dipimpin Amerika Serikat.

Salah satunya sebagai laporan kantor berita Dogan. Dalam laporannya disebutkan bahwa artileri Turki telah melepaskan 50 sampai 60 roket, yang ditempatkan di Kota Kilis daerah perbatasan Selatan. Serangan itu ditujukan ke basis ISIS di utara Aleppo, Suriah.

Terkait dengan hal ini, pada Sabtu kemarin oposisi Suriah melayangkan surat laporan, karena rezim Suriah dan sekutunya belum berhenti melakukan serangan.

Dalam suratnya, oposisi sembari mengingatkan bahwa pelanggaran yang dilakukan rezim, Rusia, Iran serta bala-sekutunya, akan merapuhkan upaya internasional dalam mengusung gencatan senjata. Lalu berujung pada runtuhnya proses politik yang disponsori oleh PBB.(ts/Al-Arabiya)