Erdogan : Saya Hanya Pelayan Bagi Warga Negeri, Segera Akhiri Demonstrasi

erdogan pulangPerdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan menyerukan segera diakhirinya demonstrasi terhadap pemerintahannya.

Perdana menteri disambut Jumat pagi oleh ribuan pendukung melambai-lambaikan bendera Turki dan meneriakkan “Kami akan mati bersama Anda, Erdogan” dan “Mari kita menghancurkan mereka semua”, para pendukung Erdogan mulai menggelar demo balasan setelah  banyak diam selama tujuh hari demonstrasi kekerasan anti-pemerintah di seluruh negeri.

“Saya menyerukan segera akhiri demonstrasi, yang telah berubah menjadi kekerasan melawan hukum dan vandalisme,” kata Erdogan dalam pidato di bandara Istanbul di mana ia baru saja kembali dari perjalanan Afrika Utara.

Diapit oleh istri dan para menteri pemerintah, perdana menteri memuji pendukungnya untuk menahan diri dalam beberapa hari terakhir, namun menekankan bahwa dia hanyalah “Pelayan” bagi setiap warga negara di negara ini.

“Kalian tetap tenang, matang dan telah menunjukkan akal sehat,” katanya. “Kita semua akan pulang dari sini dengan baik … Kalian bukan tipe orang untuk menggedor-gedor panci dan wajan di jalanan.”

Kami adalah pelayan dari  76 juta orang … Kami meminta semua orang menghormati hasil pemilu seperti yang kita lakukan, Ujar Erdogan

Sebelumnya, puluhan ribu demonstran anti-pemerintah kembali meramaikan kota di seluruh negeri meneriakkan “Tayyip undurkan diri”, yang lain menyanyi dan menari. Di Ankara , di Taman Kugulu, ribuan massa meneriakkan slogan-slogan anti-pemerintah, menyanyikan lagu kebangsaan dan menenggak bir. (Alzr/Dz)