Erdogan : “Turki dan Mesir adalah Kunci Stabilitas di Timur Tengah”

Perdana menteri Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan negaranya tidak akan berpangku tangan setelah melihat apa yang terjadi di Gaza, ia menekakan tugas masyarakat Internasional untuk menyelesaikannya, dan memperkarakan Israel yang tidak menghormati resolusi Internasional.

Dia menjelaskan, selama kunjungan ke Mesir yang direncanakan pada hari sabtu dan minggu ini, akan membahas usaha untuk membuka halaman baru dari kerjasama strategis yang luas diantara dua negara tersebut.

Dia menekankan dalam hal ini pada dua hal, pertama adalah bahwa Turki menginginkan Revolusi mesir ini berhasil dan mesir harus bangkit untuk memulihkan perannya karena kerjasama kedua negara adalah kunci untuk kemajuan dan stabilitas di Timur Tengah.

Hal kedua adalah Turki melihat bahwa kerjasama yang akan di lakukan bukan hanya dengan kekuasaan politik Mesir saja, melainkan pula dengan berbagai kekuatan dan “aktor-aktor politik yang ada. Ia menyangkal isu yang mengatakan Turki hanya berinteraksi hanya dengan satu faksi tanpa yang lain.

Erdogan mengatakan bahwa kerjasama Turki dengan Mesir tidak akan hanya dengan satu faksi tanpa faksi yang lain, tetapi dengan negara Mesir serta masyarakat secara umum untuk mewujudkan keberhasilan dalam memberi manfaat yang terbaik di seluruh wilayah.(hr)