Erdogan Urutan Kedua Setelah Assange dalam 'Person of The Year' Versi Time

Pembaca majalah Time Amerika telah memilih Julian Assange, orang di belakang situs WikiLeaks, dalam jajak pendapat tahunan mingguan untuk Person of the Year, menyusul Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan datang dalam urutan kedua.

Pembaca Time memilih sebanyak 1.249.425 kali untuk Julian Assange, yang meraup 382.020 suara, memberinya tempat pertama dengan mudah. Dia mengalahkan 148.383 suara atas medali perak Erdogan.

Top 10 pilihan pembaca adalah Julian Assange, Recep Tayyip Erdogan, Lady Gaga, Jon Stewart dan Stephen Colbert, Glenn Beck, Barack Obama, Steve Jobs, penambang Chili, pengangguran Amerika, dan Mark Zuckerberg.

Sementara itu, Lady Gaga menerima 65.417 "disukai" di Facebook, sedangkan Assange 45.643.

Apakah Assange berhak menjadi Person of the Year? Hal itu akan diumumkan hari Rabu pagi ini di NBC oleh para editor majalah Time.

Manajer Editor majalah Time, Richard Stengel telah melakukan wawancara dengan pendiri WikiLeaks Julian Assange melalui Skype pada tanggal 30 November 2010 lalu.

Tapi editor Time yang lain, Fareed Zakaria, yang dikenal karena penentangannya terhadap Assange dan karyanya, tidak melakukan wawancara dengan Assange.

Oleh karena itu, pilihan Time untuk Person of the Year kali ini mungkin tidak mencerminkan pilihan pembaca. (fq/wb)