Gubernur Luxor Akhirnya Mundur dari Jabatannya

khayatKelompok Islam  al-Jamaah Islamiyah Mesir mengatakan hari Sabtu kemarin bahwa anggotanya Adel el-Khayat akan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai gubernur kota wisata kuno Luxor menyusul protes atas pengangkatannya.

Safwat Abdel-Ghani, kepala biro politik al-jamaah ‘al-Islamiyyah, mengatakan kepada al-Mehwar TV Mesir bahwa ada “alasan-alasan obyektif” di balik penolakan  el-Khayat.

El-Khayat adalah anggota pendiri Jamaah ‘al-Islamiyyah, yang bertanggung jawab atas pembunuhan 58 wisatawan asing  dan empat orang Mesir pada tahun 1997.

Abdel-Ghani mengatakan Presiden Mohammad Mursi tidak berkonsultasi terlebih dahulu  sebelum menunjuk el-Khayat. “Kalau dikonsultasikan kepada kami tentunya kita tidak akan menyetujui pengangkatan,” katanya.

Menteri Pariwisata Mesir Hisham Zaazou mengundurkan diri pekan lalu sebagai protes terhadap pengangkatan el-Khayat itu.

Al-Jamaah ‘al-Islamiyyah membuatperubahan ideologis gerakannya, kini mereka mencela kekerasan setelah revolusi 2011 yang menggulingkan Presiden Hosni Mubarak. kemudian mereka mengikuti pesta demokrasi dengan membentuk Partai  dan memenangkan 13 kursi dalam pemilihan parlemen 2011-2012. (Arby/Dz)