Gusar, Hasil Polling di Saudi : 92% Anggap IS Sesuai dengan Nilai-nilai Islam dan Hukum Islam

main isisKelompok studi  Sakina, Saudi   berencana untuk melakukan survei ilmiah untuk menentukan posisi masyarakat Saudi pada isu “khalifah” yang  diumumkan oleh Negara Islam (IS) di Irak dan Suriah. Inisiatif ini  muncul setelah secara mengagetkan baru baru ini ada hasil jajak pendapat  dari Saudi yang dirilis pada situs jejaring sosial, mengklaim bahwa 92% dari mereka,  percaya bahwa “IS sesuai dengan nilai-nilai Islam dan hukum Islam.”

Sementara itu, realitanya banyak keluarga Saudi menolak untuk mengadakan acara belasungkawa atas anak-anak mereka yang gugur  di tempat-tempat perjuangan ,   bahkan banyak dari keluarga korban yang gugur di bumi jihad  menyatakan “sukacita,” dan mereka menolak untuk menunjukkan kesedihan atas kematian anak-anak mereka.

Sebagai respon sikap banyak keluarga seperti itu, beberapa Pengkhotbah yang direstui di Saudi menganggap sikap seperti itu sebagai  pengaruh dari terorisme,” katanya, “Ini merusak reputasi agama Islam.” Mereka menekankan bahwa mereka yang pergi ke tempat-tempat konflik merupakan pelanggaran otoritas keagamaan Saudi  yang harus diikuti. Oleh karena itu mereka menyimpulkan bahwa kematian mereka bukan bentuk kesyahidan.

Abdul Moneim al-Mushawwah, direktur Kampanye Sakina, yang beroperasi di bawah pengawasan Departemen Urusan Islam, Wakaf, Dakwah dan Bimbingan di Arab Saudi  mengatakan ,”Dalam periode mendatang, rencana kampanye akan  bekerja pada survei manual, dimana kita dapat menentukan sejauh mana masyarakat Saudi bersimpati dengan apa yang terjadi baru-baru ini di Irak, yaitu deklarasi kekhalifahan “Dia menambahkan:” survei ini akan menargetkan segmen tertentu dalam waktu tertentu , berkisar antara satu dan dua bulan. Ini akan diawasi oleh seorang akademisi untuk memenuhi kondisi yang diperlukan. ”

Dalam konteks terkait, Sheikh Abdullah al-Suwailem, anggota Komite Penasehat lainnya, menolak untuk mengklasifikasikan mereka yang berafiliasi dengan kelompok IS dan Jahbat al-Nusra sebagai kriminal. Suwailem mengatakan,  “Kami tidak mengklasifikasikan pemuda yang berafiliasi dengan kelompok-kelompok ini sebagai kriminal. Jika kita melakukan ini, kita merugikan mereka dan membuat mereka semua menjadi musuh kita. ”

“Kita harus menghadapi argumen dengan argumen, bukti dengan bukti. [Kita harus] menyediakan pemuda kita dengan bimbingan yang benar, tidak mengkriminalisasi mereka, sehingga tidak lebih bermasalah, “katanya. (JL/KH)