Hillary Clinton Wapres AS?

Benarkah Wakil Presiden Joe Biden posisinya akan digantikan oleh Menlu AS, Hillary Clinton Januari nanti? Pengamat politik di sebuah surat kabar, Tunku Varadarajan mengatakan : "Satu-satunya cara Obama bisa menang pemilu ulang adalah dengan mengangkat Hillary Clinton sebagai wapres. Karena Hallary bisa menjadi magnet bagi Partai Demokrat. Pasangan Obama dengan Hillary, yang masih akan memberikan peluang untuk kedua tokoh itu tetap berada di Gedung Putih," ucapnya.

Alasan Presiden Obama menggantikan Joe Biden dalam pemilu untuk 2012, dinilai sangat wajar, karena Joe Biden kelihatan terlalu tua, dan kurang memiliki daya tarik dikalangan rakyat Amerika. Dibandingkan dengan Hillary Clinton, di mana wanita yang memiliki kharisma ini, nampak masih memiliki pesona di kalangan rakyat Amerika, terutama untuk mendapatkan dukungan bagi pemilihan mendatang.

Tulisan Varadarajan di The Wall Street Journal diklaim bahwa, "Menaikkan Hillary hanyalah ingin membangun kembali citra Obama yang sudah mulai surut," komentar dari kalangan Partai Republik.

Keuntungan dengan menaikkan Hallary Clinton bagi Presiden Obama adalah menjadikan Hillary sebagai bintang yang akan membawa keberuntungan Obama, yang terus digerogoti kondisi ekonomi AS, yang tak kunjung pulih sejak resesi beberapa tahun ini. Ini juga tak terlepas campur tangan suaminya Bill Clinton, yang masih tetap mempunyai tempat dikalangan rakyat AS. (m/time)