Hanya Ratusan Milisi Peshmerga Kurdi Irak Yang Bersedia Bertempur dengan IS di Kobane

A convoy of Kurdish peshmerga fighters drive through Arbil after leaving a base in northern IraqSelasa, Hanya ratusan milisi  Peshmerga Kurdi Irak yang  menuju kota Kobane Suriah untuk mendukung saudara-saudara Kurdi mereka dalam pertempuran  melawan Negara Islam  (IS) .

Milisi Peshmerga  bergerak dari bandara Erbil ke kota perbatasan Turki Silopi di mana mereka akan melakukan perjalanan melalui darat ke kota Kobane, ujar Hemin Hawrami, seorang pejabat senior di Partai Demokrat Kurdistan, mengatakan dalam tweet.

Delapan puluh milisi Kurdi  melakukan perjalanan dari dasar timur laut dari ibukota wilayah Kurdi Erbil . Sedangkan  72 milisi lainnya  terbang ke Turki untuk masuk  ke kota perbatasan Kobane.

Kota Kobane yang berada di perbatasan Turki telah menjadi sebuah front penting dalam perang melawan Negara Islam , yang menguasai sebagian besar wilayah Irak pada bulan Juni dan juga memegang wilayah yang signifikan di Suriah.

Turki telah setuju untuk mengizinkan pasukan masuk Peshmerga ke Kobane – meskipun perdana menteri Turki menegaskan bahwa negaranya tidak akan mengirimkan apapun pasukan darat  untuk Kobane.

Seorang pejabat Departemen Luar Negeri AS menegaskan bahwa pejuang Peshmerga sedang dalam perjalanan mereka untuk Kobane tapi tidak tahu kapan mereka diharapkan tiba. Pejabat itu berbicara dengan syarat anonim karena ia tidak berwenang untuk diidentifikasi dalam membahas masalah ini.

Perdana Menteri Ahmet Davutoglu mengatakan kepada BBC bahwa mengirim milisi Peshmerga Irak adalah “satu-satunya cara untuk membantu Kobane, karena negara-negara lain tidak ingin menggunakan pasukan darat.” (Arby/Dz)