Harga Tiket Pesawat Ruang Angkasa Sekitar Rp 2 Milyar PP, Mau Mencoba?

1 1Tiga hari yang lalu , 29 April 2013, perusahaan wisata ruang angkasa, Virgin Galactic sukses melakukan uji coba penerbangan pesawat ruang angkasa komersialnya, SpaceShipTwo.

Virgin Galactic mengumumkan harga tiket pesawat ruang angkasa SpaceShipTwo akan naik 25 persen dalam waktu satu minggu ke depan, dilansir Space, 2 Mei 2013.

Awalnya, harga tiket pesawat hanya US$200.000, setara Rp1,9 miliar. Artinya, mulai minggu depan harganya akan menjadi US$250.000, atau setara Rp2,5 miliar per orang.

Kenaikan harga itu dilatarbelakangi oleh suksesnya uji coba dari pesawat SpaceShipTwo yang dilakukan di Mojave Air dan Space Port di Mojave, California, AS. Karena uji coba itu, Virgin langsung kebanjiran pujian dan respons positif dari berbagai kalangan.

“Minggu depan, perusahaan akan mematok harga baru, yaitu US$250.000 untuk 1.000 orang pertama yang akan diterbangkan. Kenaikan harga sangat baik untuk kemajuan perusahaan di masa depan,” kata Sir Richard Branson, pendiri Virgin Galactic.

Menurut situs Virgin Galactic, saat ini, sudah ada 580 orang yang memberikan deposito untuk melakukan penerbangan bersama SpaceShipTwo.

“Di masa depan, harga tidak akan naik melebihi US$250.000. Bahkan, kami berharap di masa depan harga bisa turun menjadi harga awal sebesar US$200.000, agar penerbangan ruang angkasa memiliki lebih banyak peminat,” kata Branson.

SpaceShipTwo dirancang menggunakan motor roket listrik untuk peluncurannya. Pesawat ini dapat membawa enam penumpang dan dua orang pilot. Pesawat akan terbang mencapai ketinggian 361.000 kaki, setara 110 kilometer.

Suksesnya uji coba pertama SpaceShipTwo membuat Virgin kebanjiran pendaftar untuk terbang ke ruang angkasa. Jika sesuai jadwal, SpaceShipTwo mulai dioperasikan secara komersil pada akhir tahun 2013 atau awal tahun 2014 (Space/Viva/HK)