Helikopter AS Kembali Jatuh di Afghanistan

Sebuah helikopter AS jatuh di provinsi Afghanistan timur Wardak karena ‘kesalahan teknis’, NATO mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Aliansi militer yang dipimpin AS mengatakan tidak ada yang tewas atau terluka dalam kecelakaan terebut.

Namun Taliban, mengaku telah menembak jatuh helikopter, menambahkan bahwa semua tentara yang di dalam helikopter tewas semua.

Dalam insiden terpisah, seorang tentara asing pimpinan Amerika tewas dalam serangan bom di Afghanistan selatan. Kebangsaan tentara itu tidak terungkap.

Dua tentara AS lainnya juga terluka dalam serangan bom di bagian timur negara yang dilanda perang tersebut.

Setidaknya 659 tentara asing telah tewas di Afghanistan pada tahun 2010, membuat tahun ini paling mematikan bagi NATO sejak awal invasi pimpinan AS ke Afghanistan pada tahun 2001.

Taliban telah membuat beberapa klaim berhasil menembak jatuh beberapa pesawat dan helikopter NATO di berbagai bagian Afghanistan selama beberapa bulan terakhir.

The war in Afghanistan has become the longest in US history.

Perang di Afghanistan telah menjadi yang terpanjang dalam sejarah AS. Dengan korban sipil dan militer di rekor tertinggi, banyak pertanyaan akan motif di balik konflik ini.

Pada KTT NATO baru-baru ini di Lisbon, kelompok anti-perang menyoroti fakta bahwa sembilan tahun setelah invasi, pasukan pimpinan Amerika telah gagal untuk menjamin keamanan di Afghanistan. (fq/prtv)