Inggris Lakukan Serangan Udara Pertama ke Posisi IS di Irak

inggrisPesawat tempur Inggris pada hari Selasa meluncurkan serangan udara pertama mereka melawan Negara Islam  di Irak, menargetkan posisi logistik senjata dan truk bersenjata, kata kementerian pertahanan Inggris.

“Pesawat Angkatan Udara  Tornado GR4 telah beraksi di  Irak hari ini dalam perangi ISIS,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

“Tindakan ini merupakan bagian dari operasi koalisi internasional untuk mendukung pemerintah Irak yang demokratis,” tambah pernyataan itu.

Serangan udara datang “dalam perjalanan misi pengintaian bersenjata” dengan dua jet Tornado Inggris bertugas membantu pasukan Kurdi menghadapi ISIS.

“Evaluasi  awal menunjukkan bahwa kedua serangan kami  berhasil,” kata pernyataan itu.

Menteri Pertahanan Michael Fallon mengatakan: “menghentikan kemajuan ISIS dan membantu pemerintah Irak merebut wilayahnya  kembali, dan membantu tentara Irak dan pasukan Kurdi untuk melakukan itu secara bersama , adalah tugas besar dan akan menjadi pertempuran  yang panjang.”

Menteri luar negeri Inggris Philip Hammond sebelumnya pada hari Selasa mengatakan pasukan Inggris tidak akan “panik” dalam menjatuhkan bom di Irak.

“Ketika kita melakukan serangan ,  kita harus benar-benar yakin bahwa posisi serang adalah  target ISIS…,” katanya kepada BBC. (Arby/Dz)