Insiden Polisi Tembak Polisi di Afghanistan, Empat Orang Tewas

Magdalena – Senin, 13 Zulhijjah 1430 H / 30 November 2009 17:28 WIB

Insiden polisi menembak polisi terjadi di provinsi Nimroz, sebelah barat daya Afghanistan. Seorang polisi melepaskan tembakan membabibuta yang menyebabkan empat rekannya sesama polisi tewas.

Menurut keterangan gubernur Nimroz, insiden terjadi pada hari Sabtu malam dan penyebabnya adalah kesalahpahaman antar teman. Mereka membantah insiden ini ada kaitannya dengan makin gencarnya perlawanan kelompok Taliban di provinsi itu.

"Peristiwanya terjadi di distrik Khashrod, seorang polisi bersitegang dengan beberapa koleganya. Polisi itu lalu melepaskan tembakan serampangan dan menyebabkan empat polisi tewas," kata Gubernur provinsi Nimroz, Ghulam Dastagir Azad.

"Pelaku penembakan lalu kabur dengan mobil milik warga ke arah distrik Dilaram dan melintasi sebuah pos keamanan militer Afghanistan tanpa berhenti, sehingga tentara menembaknya," sambung Azad.

Masih menurut Dastagir, pelaku sempat membalas tembakan itu sebelum akhirnya tewas oleh tembakan tentara tadi. Azad membantah spekulasi yang mengatakan bahwa polisi pelaku penembakan itu kemungkinan anggota Taliban, yang dalam beberapa tahun belakangan ini makin gencar melakukan perlawanan di kawasan itu.

"Saya tidak yakin polisi itu seorang Taliban karena dia tidak mencuri senjata polisi-polisi yang ia tembak dan ia tidak membawa pergi mobil polisi, tapi mobil milik warga. Polisi itu asal provinsi Logar, kami mengira dia mengalami sedang mengalami gangguan kejiwaan. Kami akan menyelidiki kasus ini," ujar Azad.

Polisi Afghanistan menjadi ujung tombak dalam perang AS melawan kelompok islamis Taliban. Banyak polisi Afghanistan yang menjadi sasaran serangan balasan para pejuang Taliban. Polisi-polisi Afghanistan dilatih oleh militer AS namun kondisi sebagian besar polisi Aghanistan jauh dari bekualitas. Mereka digaji dengan murah, persenjataan mereka minim, mereka menjadi korban tingginya korupsi di kalangan pejabat kepolisian Afghanistan dan banyak diantara polisi Afghanistan yang menjadi pecandu narkoba.

Awal bulan November kemarin, seorang polisi Aghanistan menembak mati lima tentara Inggris yang sedang memberikan pelatihan. Taliban mengklaim bertanggungjawab atas insiden yang terjadi di provinsi Helmand itu. (ln/dawn/iol)

Dunia Islam Terbaru

blog comments powered by Disqus